Friday, September 17, 2010

paham fisis determinis dan posibilis

saya akan membahas tentang fisis determinis dan fisis posibilis.

Menjelang akhir abad ke-18, perkembangan geografi semakin pesat. Pada masa ini berkembang aliran fisis determinis dengan tokohnya yaitu seorang geograf terkenal dari USA yaitu Ellsworth Hunthington. Di Perancis, faham posibilis terkenal dengan tokoh geografnya yaitu Paul Vidal de la Blache, sumbangannya yang terkenal adalah “Gen re de vie”. Perbedaan kedua faham tersebut, kalau fisis determinis memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Sedangkan posibilisme memandang manusia sebagai makhluk yang aktif, yang dapat membudidayakan alam untuk menunjang hidupnya.
  • fisis determinis
Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Bahwa menurut Ellsworth Hunthington, manusia dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Dengan kata lain manusia tidak dapat menentukan hidupnya sendiri. Hal ini dapat dilihat dari mata pencaharian, tingkah laku, kebiasaan, serta kebudayaan manusia pada lingkungan tertentu. sebagai contoh dari sisi positifnya adalah manusia yang hidup di daerah yang dingin secara otomatis menggunakan pakaian yang tebal dan hangat agar bisa bertahan hidup. sebaliknya dengan yang hidup di daerah panas akan memakai baju yang berbahan tipis atau dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Dan seringnya perubahan cuaca di daerah sub-tropis yang cenderung membuat etos kerja yang lebih bersemangat terhadap sikap manusia. contoh lain jika dilihat dari sisi negatifnya adalah iklim tropis yang dikatakan dapat menyebabkan kemalasan dan sikap santai pada manusia. dan terjadinya bencana alam yang dapat menelan korban, seperti contoh gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan lainnya.
  • posibilis
Bertentangan dengan paham Fisis Determinis, Paul Vidal de la Blache berpendapat bahwa manusia dapat menentukan hidupnya sendiri tanpa bantuan dari alam sekitarnya melainkan manusialah yang bersifat aktif dibanding alam sekitarnya. Atau dengan kata lain posibilis merupakan paham akan menyebutkan bahwa manusia yang mempengaruhi alam sekitarnya. sebagai contoh dari sisi positifnya adalah manusia membuat sengkedan di daerah pegunungan agar tidak terjadi longsor. manusia melakukan reboisasi atau penghijauan kembali di jalan - jalan untuk menggantikan pohon - phon yang telah di tebang. Dan contoh dari sisi negatifnya dapat dilihat dari kebiasaan sehari - hari yang dilakukan manusia seperti manusia dapat melakukan penebangan hutan yang dapat menyebabkan kebanjiran, kebiasaan manusia menghisap asap rokok serta asap dari kendaraan yang berpengaruh kepada lingkungan sekitar. contoh lain adalah kebiasaan manusia membuang sampah plastik di sembarang tempat, hal itu dapat menyebabkan kebanjiran dan menyebabkan polusi terhadap tanah.
itulah kira - kira gambaran dari saya mengenai fisis determinis dan posibilis serta sisi positif dan negatif dari paham - paham tersebut. terima kasih.
-dita nurfitri zahir-

No comments:

Post a Comment